Jangan Belajar Wirausaha (HANYA) Kepada Mereka Yang Sukses

Belajar Bisnis Kepada Mereka Yang Sukses
Dalam tulisan awal-awal saya menyebut bahwa memulai wirausaha itu gampang-gampang susah. Bisa begitu gampang bagi sebagian kita, namun juga bisa menjadi begitu susah bagi sebagian kita. Memulai sesuatu, terlebih lagi jika sesuatu itu adalah hal yang benar-benar baru bagi kita tentu tidak cukup hanya membutuhkan keberanian untuk memulai langkah pertama.


Betul bahwa yang terpenting dalam memulai wirausaha adalah keberanian untuk memulainya, take action. Namun sebagai makhluq yang dikaruniai akal pikiran, sudah menjadi kewajiban kita untuk memberdayakan karunia Alloh tersebut. Karena itu menjadi wajib bagi kita untuk mencari ilmu tentang usaha atau bisnis yang hendak kita jalankan. Banyak cara yang bisa kita tempuh dalam proses belajar tersebut, salah satunya adalah berguru kepada mereka yang sudah berpengalaman. 

Namun terkadang adakalanya kita “melalaikan” satu hal yang juga penting dalam proses “berguru” ini. Kita cenderung (hanya) berguru kepada mereka-mereka yang telah berhasil dan sukses. Namun kita kerap kali tidak berminat bahkan kadang memandang dengan sebelah mata mereka-mereka yang masih belum berhasil dalam usaha yang digelutinya.

Tentu baik dan sangat dianjurkan bagi kita untuk belajar bisnis kepada mereka yang telah berhasil karena hal tersebut dapat memberikan semangat bagi diri kita. Selain itu, belajar bisnis kepada orang-orang sukses juga dapat memberikan gambaran peta jalan yang harus kita tempuh dalam meraih keberhasilan. Namun juga adalah hal yang baik manakala kita juga bersedia untuk “belajar” kepada mereka yang masih berusaha meraih sukses (belum berhasil) bahkan kepada mereka yang gagal sekalipun.

Belajar bisnis kepada orang-orang yang belum berhasil atau gagal tersebut akan memberikan pengetahuan kepada kita tentang hal atau langkah apa saja yang seyogianya kita hindari. Selain itu belajar mendengarkan kisah dan penuturan akan kegagalan seseorang kerap kali bisa membangkitkan rasa penghargaan dan syukur kita atas kehidupan dan karunia yang kita miliki. Dan juga biasanya orang-orang yang gagal cenderung memiliki kearifan dan kebijaksanaan cara berfikir serta bertindak dibanding orang-orang yang belum pernah gagal.

Maka tidak ada ruginya bagi kita untuk belajar bisnis kepada mereka yang telah sukses dan juga kepada mereka yang belum berhasil bahkan kepada mereka yang gagal sekalipun. Tentu saja semuanya harus kita saring untuk diambil hikmah dan pelajarannya kemudian kita sesuaikan dengan kondisi dan potensi yang ada pada diri kita. 

Sehingga cerita tentang kesuksesan seseorang tidak akan membuat kita lupa diri dan over confidence tentang bisnis yang akan kita tempuh, dan sebaliknya cerita tentang kegagalan seseorang juga tidak akan membuat kita patah semangat untuk memulai ber wirausaha.

Jadi selamat ber wirausaha dan selamat belajar bisnis kepada siapapun.
Sumber Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Berbagi Informasi Unik.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License