Pentingnya Belajar Bahasa Inggris


 Di jaman yang sudah maju dengan teknologi sekarang ini, banyak orang yang ingin menguasai bahasa inggris.

Menguasai bahasa Pengantar No 1 Dunia ini bukanlah hal yang mudah, namun bukan juga sangat sulit untuk dikuasai.

Dibutuhkan Metode yang Baik dan Tepat serta disiplin dan praktek, praktek dan praktek.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk belajar bahasa inggris dengan cepat :

1. Komponen-komponen dalam Bahasa Inggris (English Component)

Dalam Belajar Bahasa Inggris, saya ibaratkan kita akan membuat sebuah rumah. Sudah barang tentu dibutuhkan bahan-bahan(komponen-komponen) seperti semen, pasir, kayu, genteng dan lain-lain. begitu pula Bahasa Inggris, mempunyai 3 Komponen Penting untuk anda ketahui.

Vocabulary (Kosakata)

Nah, jika anda ingin belajar bahasa inggris dengan cepat, maka tidak boleh tidak anda harus memiliki atau menghafal kosakata-kosakata Bahasa Inggris(Vocabularies). Karena mustahil seseorang bisa ngomong cas cis cus bahasa inggris, tapi dia tidak memiliki kosakata yang cukup. Padahal untuk bisa berbicara bahasa inggris dengan lancar dibutuhkan sedikitnya 1000-2000 kosakata.

Sedikit tips dari saya bagi anda yang masih pemula/beginner, silahkan anda mulai  membaca dan menghapal kosakata bahasa inggris minimal 5 kosakata setiap hari. Jadi dalam sebulan, kosakata anda sudah 300, dalam 1 tahun : 12 x 300 = 3600 Kosakata. Wowww. Amazing!

Pronunciation (Ilmu Pengucapan)

Pronunciation gampangnya adalah ilmu cara membaca. bagaimana cara melafalkan bahasa inggris dengan baik dan benar sesuai dengan standart bahasa inggris. Pronunciation ini sangat penting, agar kita tidak melakukan kesalahan atau miss understanding(salah pemahaman) ketika berbicara bahasa inggris.

Tips dari saya anda bisa melatih pronunciation dengan sahabat anda yang jago bahasa inggris atau anda cari bule dan ajak ngomong pake bahasa inggris dengan anda. Oia, jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang ilmu pronunciation ini silahkan kunjungi situs saya di : www.percakapan-bahasa-inggris.duta4sukses.com

Grammar (Ilmu Tata Bahasa)

Grammar atau ilmu tata bahasa adalah hal penting yang dibutuhkan bagi anda ketika menulis, berbicara bahasa inggris. Grammar juga diperlukan ketika anda ingin Mengikuti Test Bahasa Inggris seperti : TOEFL, IELTS, Ujian Masuk Perguruan Tinggi, dll..

Tips jika anda ingin belajar grammar : Anda bisa membeli buku-buku grammar di toko buku terdekat, lalu anda pelajari step by step.

Nb: Jika anda sudah lama belajar bahasa inggris(grammar) namun belum paham tentang Tenses Inggris, silahkan anda kunjungi situs saya di : www.RahasiaTensesInggris.com dan Dapatkan Ebook Bahasa Inggris Gratis disana. :)

2. Skill Bahasa Inggris (English Skills)

Listening (Mendengar)

Anda bisa mendengarkan lagu-lagu bahasa inggris, western movie, atau menonton progam berita dalam bahasa inggris di TV.

Reading (Membaca)

Untuk melatih skil reading, anda harus rajin membaca majalah, koran atau buku-buku berbahasa inggris.

Speaking (Berbicara)

Seseorang yang bisa ngomong bahasa inggris itu belum tentu dia sudah hafal ribuan kosakata atau ahli grammar, namun orang yang bisa berbicara bahasa inggris-kebanyakan adalah orang-orang yang berani untuk Praktek Praktek dan Praktek English Conversation. That’s it!

Writing (Menulis)

Mungkin anda bertanya, gimana sich biar jago nulis itu?

Jika Ada seseorang yang ingin jago masak ya harus masak

jika ada seseorang yang ingin jago menyanyi ya harus nyanyi

Jika ada seseorang yang ingin jago menulis ya harus menulis

Namun satu hal yang membedakan seseorang dengan yang lainnya adalah seseorang yang jago dibidang apapun, pasti dia LEBIH dari orang lain. Lebih rajin, Lebih punya banyak waktu untuk praktek/latihan, Lebih Percaya diri, Lebih Disiplin, dll

Ah, saya kan belum bisa nulis pake bahasa inggris pak?

iya, tapi saya yakin anda sudah memiliki sedikit kosakata yang masih anda ingat bukan?

tidak usah menulis yang ribet-ribet, anda bisa mulai menulis dari kegiatan sehari-hari anda, pengalaman anda atau bahkan menceritakan hobi anda.

Loh pak, kenapa hobi/pengalaman?

Karena biasanya seseorang akan sangat suka atau senang melakukan sesuatu yang berhubungan dengan hobi dan pengalaman.Begitu juga dengan bahasa inggris, umpamanya saja anda Hobi Memasak, kemudian ada Perlombaan Menulis Tentang Hobi dalam Bahasa Inggris yang hadiahnya belasan juta rupiah. Maka anda tentu akan mengikutinya tugas anda selanjutnya adalah membuat 1 atau 2 paragraf tentang hobi anda tadi dengan bahasa inggris. Anda bisa menulis dalam bahasa indonesianya dulu, terus mengambil kamus dan mencari kosakata yang tidak anda mengerti, jika masih kesulitan anda akan bertanya kepada teman, pacar, atau family anda yang jago ngomong inggris.

Dengan anda rajin belajar bahasa inggris dan menulis, lambat laun skill anda akan berkembang pesat dari sekarang. ingatlah pepatah bahasa inggris mengatakan “Where there is a will, there is a way” dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan.

Semoga dengan anda membaca dan mempraktekkan tulisan diatas anda mulai bisa belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah. Satu kata untuk anda “Start Action Now”








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Berbagi Informasi Unik.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License